Memperkecil Ukuran Foto

Dalam pemasangan iklan kost Anda, foto merupakan salah satu pelengkap yang tidak kalah penting dengan isi iklan tersebut. Dengan foto yang berkaitan dengan isi iklan Anda, akan membuat iklan kita menjadi lebih menarik. Akan tetapi apabila kita menaruh foto yang terlalu banyak, apalagi apabila ukuran foto tersebut terlalu besar, maka akan semakin lama juga iklan kost kita terbuka dengan sempurna oleh browser para calon penghuni kost Anda.

Cara yang paling mudah adalah dengan cara memperkecil panjang dan lebar foto tersebut, sehingga luas foto yang akan ditampilkan akan menjadi lebih kecil maka secara otomatis ukuran file akan menjadi lebih kecil. Hal ini bisa Anda lakukan cukup dengan Microsoft Office Picture Manager di menu Picture lalu klik aja Resize. Tapi tahukah Anda, selain cara tersebut ternyata ada 2 cara lain yang tidak kalah mudahnya yaitu Cara 1 mengoptimize foto tersebut dengan kata lain memperkecil kualitas foto tersebut, dan Cara 2 mengubah jenis file foto tersebut.

Caranya adalah seperti ini:

  1. Buka Adobe Photoshop
  2. Buka foto yang ingin di optimize (File - Open)
  3. Edit foto tersebut (bila perlu)
  4. Klik File - Save for Web
  5. Muncul Window Optimized, klik tanda panah “>>” (ada di bagian paling kanan sebelah kanan preset)
  6. Pilih "Optimize to File Size ...." dan masukkan ukuran file foto yang anda inginkan di "Desired File Size" lalu klik OK.
  7. Sedangkan untuk mengubah jenis file foto (masih di Window Save for Web), klik aja Dropdown Jenis File (ada dibawah preset) dan pilih jenis file foto yang kita inginkan (setiap file foto mempunyai ukuran file yang berbeda-beda).

Bagi yang belum punya Adobe Photshop, jangan khawatir, karena ada software lainnya seperti Irfan View, Picassa, ACDSee Gratis (googling aja ya).  Semua software tersebut perlu didownload & diinstal, bagi Anda yang malas download2an dan nginstal2an bisa ke GifWorks (tapi hanya untuk format foto jenis gif) pilih dropdown optimize lalu klik reduce colors). Dengan Web ini Anda bisa mengoptimize foto format Gif Anda secara online.

Sebenarnya ada banyak sekali file jenis foto, namun jenis file yang sering digunakan untuk tampilan Web adalah GIF (berekstensi .gif), JPEG (berekstensi .jpg) dan PNG (berekstensi .png) dan juga FLASH (berekstensi .swf) yang biasa digunakan untuk foto â€‹bergerak dan atau video.

Berikut adalah perbedaan secara umum masing-masing file foto tersebut:

GIF (Graphic Interchange Format)

  • File dapat menghasilkan 256 warna
  • Dapat Menghasilkan baik foto statis maupun dinamis (animasi)
  • Cocok untuk foto dengan pemisahaan warna yang jelas (tidak bergradasi) seperti logo & teks

JPEG (Joint Photograph Expert Group)

  • File dapat menghasilkan 16 juta warna (namun perlu diketahui bahwa Web Browser hanya dapat menghasilkan terbatas sampai dengan 216 warna, web browser akan menggantikan warna yang tidak tersedia dengan warna yang serupa yang tersedia, hingga tampilan foto tidak banyak yang berubah)
  • Ukuran file JPEG biasanya lebih besar daripada GIF

PNG (Portable Network Graphic)

  • File PNG terbagi atas PNG-8 (dapat mengkompresi foto dengan ukuran file lebih kecil daripada GIF) dan PNG-24 (menyimpan file dengan ukuran yang lebih besar)
  • File PNG bisa bekerja baik pada foto dengan pemisahan warna jelas maupun bergradasi
  • File PNG-24 biasa digunakan untuk foto foto ataupun bergradasi (karena foto yang dihasilkan lebih tajam)
  • Kelebihan file ini yang tidak dimiliki jenis file foto yang lainnya adalah File PNG ini dapat mendukung foto transparansi
Tags: